IKSS Riau Gelar Silaturahmi Akbar dan  Pengukuhan Pemuda Sriwijaya Riau  Dihadiri Ribuan Anggota

IKSS Riau Gelar Silaturahmi Akbar dan  Pengukuhan Pemuda Sriwijaya Riau  Dihadiri Ribuan Anggota

PEKANBARU, celotehriau.com- Ikatan Keluarga Sumatera Bagian Selatan (IKSS) Riau menggelar silaturahmi akbar di Hotel Pangeran Pekanbaru, Ahad  (4/9/2022). 

Selain silaturahmi juga digelar pengukuhan Pengurus Persaudaraan Pemuda Sriwijaya Riau (PSR) oleh Gubernur Sumatera Selatan.

Kegiatan ini dihadiri langsung Gubernur Sumsel yang diwakili Sekretarus daerah Provinsi  Sumatera Selatan Ir SA Supriono, Gubernur Riau Syamsuar, Kapolda Riau Irjen Pol Iqbal SIK MH, Danrem 031 WB Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung l, perwakilan kepala daerah dari Provinsi Bangka Belitung, Lampung, Bengkulu dan Jambi. Kemudian Forkopimda Riau, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, Ketua Panitia Kombes Pol Hermasnyah SH SIK, Sekretaris Panitia Novilia, Pengurus IKSS se-Riau, pengurus dan seluruh anggota IKSS di Riau sebanyak 1.700 orang.

Ketua panitia acara yang juga Irwasda Polda Riau Kombes Pol Hermansyah SH SIK mengatakan kegiatan ini sebenarnya diawali dari pembicaraan Kapolda Riau beserta beberapa tokoh IKSS dan pengurus untuk melaksanakan halal bihalal setelah hari raya Idul Fitri.

"Namun karena kesibukan dan banyaknya aktivitas dari kita semua, maka acara ini baru terlaksana hari ini," ujar Kombespol Hermansyah.

Pada kesempatan tersebut dirinya menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu suksesnya acara ini.

"Tujuan dilakukannya silaturahmi IKSS ini adalah untuk menjalin silaturahmi dan mempererat tali persaudaraan sesama warga Sumatera bagian Selatan di bumi lancang kuning dan juga memberikan informasi kepada Gubernur Riau bahwa keluarga IKSS ada di Riau dan siap untuk mendukung kemajuan Riau menuju Riau unggul," ucapnya.

Kegiatan ini kata Hermansyah  diikuti sekitar 1.700 orang yang terdiri dari perwakilan IKSS dan PSR se-Provinsi Riau dan undangan tokoh paguyuban di Provinsi Riau.

"Dengan terlaksananya silaturahmi dan pelantikan PSR, harapan kami dapat mengobati rasa rindu diantara kita sesama saudara keluarga besar sumatera bagian selatan yang tersebar di bumi lancang kuning. Dan bagi pengurus yang baru dikukuhkan kiranya dapat menjadi kader yang dapat memberikan kontribusi pembangunan di bumi lancang kuning," imbuhnya.

Sementara itu, Sekda Sumatera Selatan Ir SA Supriono, perwakilan dari lima provinsi tersebut menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada IKSS Riau. Ia menyebut kegiatan ini terselenggara karena persaudaraan dari IKSS yang sangat kompak dan solid.

Ia juga menyampaikan selamat kepada PSR yang baru saja dilantik atau dikukuhkan. Ia berharap, pengurus PSR dapat menjalankan amanah dengan baik serta dapat berkontribusi bagi daerah maupun nasional.

"Diharapkan kepada PSR dapat memberikan kontribusi kepada pemerintah dalam pembangunan pemerintah pusat dan Provinsi Riau," harapnya.

Dalampada itu  Gubernur Riau Syamsuar mengajak seluruh keluarga besar IKSS dan PSR untuk bisa berkolaborasi dalam membangun Riau yakni dengan mempersiapkan sumber daya manusia hebat menuju Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh. 

Ia mengatakan dengan kehadiran IKSS dan PSR kiranya juga dapat bersama-sama membangun negeri ini dan sekaligus bisa berkolaborasi dengan semua paguyuban yang ada di Provinsi Riau.

"Kami ucapkan selamat atas acara silaturahmi akbar hari ini dan tak lupa selamat kepada pengurus Pemuda Sriwijaya Riau yang baru dikukuhkan. Mari bersama membangun negeri," ujar Gubri. 

Hal senada juga diutarakan oleh Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal yang juga merupakan tokoh masyarakat Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel).

"Semoga bisa membangun Provinsi Riau, karena di mana bumi dipijak, di situ bumi dijunjung. Jaga betul amanah ini, semua harus baik, baik dari aspek politik, keamanan, ekonomi, dan semoga amanah," harapnya.

Disisi lain, Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun meminta kepada masyarakat Sumbagsel yang ada di Pekanbaru, untuk menganggap Pekanbaru dan Riau ini sebagai rumah.

"Bahwa memang seperti kata pribahasa di mana bumi di pijak di situ langit dijunjung. Jadi artinya ketika masyarakat Sumbagsel ada di Pekanbaru, jadikanlah kota ini rumahnya ayok kita bangun Riau dan Pekanbaru bersama-sama," ujar Muflihun.

Dirinya berharap kedepannya Pemerintah  bisa bersinergi dengan masyarakat Sumbagsel yang ada di Pekanbaru dan ikut serta dalam membangun Pekanbaru baik di sektor ekonomi, pendidikan serta kesehatan yang ada Pekanbaru dan Riau.

"Pekanbaru ini adalah kota heterogen, tak hanya Sumbagsel tapi juga ada berbagai etnis di Kota ini. Maka kebersamaan etnis ini diharapkan bisa berkolaborasi untuk dukung pembangunan Pekanbaru," pungkasnya.(rilis/IUD)

Berita Lainnya

Index